Jumat, 14 Desember 2012

Tes Duduk-Berdiri, Cara Mudah Melihat Peluang Umur Panjang

Jakarta, Urusan hidup dan mati adalah misteri terbesar yang tak mungkin terpecahkan. Namun untuk sekedar memperkirakan sebearapa lama seseorang bisa hidup sehat sebelum akhirnya meninggal, lakukan saja tes kemampuan berdiri dari posisi duduk.

Tes sederhana yang dikembangkan oleh Dr Claudio Gil Araujo dari Medicine Clinic di Rio de Janeiro ini bisa dilakukan di manapun tanpa perlu alat canggih. Cukup selembar matras sebagai alas duduk sekaligus pengaman apabila terjatuh saat berusaha berdiri.

Caranya dimulai dengan duduk bersila di atas matras. Lalu dengan bantuan seminimal mungkin, orang yang dites diminta untuk berdiri tanpa memikirkan seberapa cepat bisa berdiri. Yang diamati cuma seberapa banyak bantuan yang diperlukan untuk bisa berdiri.

Bantuan yang dimaksud antara lain meliputi gerakan-gerakan tangan, misalnya mendorong badan atau sekedar menjaga keseimbangan. Makin sedikit menggunakan bantuan tangan saat berdiri, maka diyakini peluangnya untuk memiliki umur panjang akan semakin besar.

Hasil pengamatan terhadap 2.000 laki-laki paruh baya telah membuktikan keyakinan tersebut. Dalam pengamatan selama 6 tahun, partisipan yang mampu berdiri dari posisi duduk tanpa bantuan tangan atau benda lain cenderung hidup lebih lama dibandingkan yang lain.

Selama penelitian berlangsung, 159 orang partisipan akhirnya meninggal dunia dengan tingkat kematian rata-rata 7,9 persen. Partisipan yang butuh banyak bantuan untuk berdiri memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan yang bisa melakukannya tanpa bantuan.

"Fleksibilitas, kekuatan otot, rasio antara kekuatan dan berat badan serta koordinasi bukan hanya bagus untuk aktivitas sehari-hari tetapi juga sangat mempengaruhi harapan hidup," kata Dr Araujo seperti dikutip dari Eurekalert, Jumat (14/12/2012).


http://health.detik.com/read/2012/12/14/163059/2118894/763/tes-duduk-berdiri-cara-mudah-melihat-peluang-umur-panjang?l992206755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar