Jumat, 14 Desember 2012

Diet Paling Jitu dengan Anggap Porsi Makan Lebih Besar

Jakarta, Demi bentuk tubuh yang langsing, banyak cara dilakukan orang untuk menurunkan berat badan, mulai dari metode sederhana seperti diet air putih hingga yang esktrem dengan mengonsumsi makanan tertentu yang kandungan gizinya tak mencukupi untuk tubuh. Padahal sebenarnya ada trik yang sangat simpel yaitu mempercayai jika porsi makanan Anda lebih besar dari aslinya.

Hal ini didasarkan pada hasil pengamatan terhadap 100 partisipan pria dan wanita yang diminta memilih sup yang diletakkan di mangkuk besar maupun kecil. Kemudian partisipan dipersilakan untuk memakan sup pilihannya itu. Tapi yang tidak diketahui partisipan adalah peneliti sempat mengurangi atau menambah sebagian sup ke dalam mangkuk.

Ternyata 2-3 jam kemudian, partisipan yang memakan porsi lebih kecil merasa lebih lapar dari partisipan yang memakan porsi besar. Sebaliknya partisipan yang telah memakan sup mangkuk besar merasa paling kenyang diantara partisipan lainnya. Sehari kemudian, partisipan yang diberi porsi besar juga menilai supnya lebih mengenyangkan.

Hal ini berarti studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE ini menambah bukti bahwa daya ingat seseroang terhadap apapun yang mereka makan memainkan kunci penting dalam menghilangkan nafsu makan.

"Studi ini menunjukkan bahwa besar kecilnya rasa lapar yang kita alami bukanlah semata produk dari banyak atau jenis makanan yang bisa kita konsumsi, tapi ada faktor psikologi juga disini," ungkap peneliti Jeff Brunstrom dari Bristol University seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (7/12/2012).

Lagipula dalam studi sebelumnya, Profesor Brunstrom juga menunjukkan bahwa orang yang terdistraksi atau terganggu ketika makan akan merasa lebih lapar setelahnya.

"Jadi jika Anda mengganggu seseorang ketika makan maka mereka akan memiliki daya ingat yang lebih buruk pada makanan itu, termasuk kebiasaan melakukan hal sebaliknya yaitu terus menambah porsi makanan. Dengan kata lain, tampaknya penting bagi Anda memiliki ingatan yang baik tentang apa yang Anda makan," kata Brunstrom.

Yang terpenting, jangan sampai Anda makan sambil menonton televisi atau memandang layar kompter, sarannya.




http://health.detik.com/read/2012/12/07/120034/2112120/766/diet-paling-jitu-dengan-anggap-porsi-makan-lebih-besar?l771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar