Rabu, 05 Desember 2012

Taman Safari Bali Olah Kotoran Hewan Jadi Kertas.

Taman Safari merupakan rumah bagi beraneka satwa diluar habitat aslinya. Namun biasanya tempat yang disediakan oleh taman safari tersebut hampir menyerupai habitat aslinya. Hal ini dilakukan untuk membuat adaptasi dari hewan - hewan tersebut lebih mudah.
Begitu juga Taman Safari Bali ini yang memiliki jumlah satwa yang cukup banyak. Hal itu membuat pengurus Taman Safari berfikir bagaimana cara memanfaatkan kotoran satwa yang begitu banyaknya. Kotoran hewan yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk pupuk, dapat dimanfaatkan menjadi lembaran - lembaran kertas oleh Taman Safari Bali. Namun ternyata ini bukan pertama kalinya pemanfaatan kotoran hewan menjadi kertas. Di India dan Thailand telah lebih dulu merintisnya.
Seperti dilansir VOA pada 3 Desember 2012 lalu, hal itu dilakukan sebagai salah satu usaha untuk melestarikan lingkungan, apalagi karena tempat tersebut menghasilkan cukup banyak kotoran satwa. Selain mengurangi pencemaran lingkungan, ternyata kegiatan tersebut juga berdampak pada pengurangan penebangan pohon.
Terobosan - terobosan terbaru seperti ini memanglah sangat diperlukan.Penebangan pohon yang selama ini dilakukan untuk bahan produksi kertas ternyata dapat berkurang. Hal ini mengingat betapa pentingnya hadirnya pohon untuk kehidupan global kini.Dengan adanya pohon akan mencegah CO2 yang dapat mengurangi perluasan lubang pada lapisan ozon sehingga mencegah pemanasan global yang akhir - akhir ini sering menjadi pembicaraan publik. Lagipula penanaman pohon serta bertumbuhnya pohon tidak bisa dalam waktu singkat. Sehingga lebih baik menghemat penebangan serta penggunaan pohon.
Untuk itu betapa bergunanya apabila terobosan ini ditularkan kepada masyarakat luas sehingga masyarakat pun mampu belajar untuk mengurangi pencemaran di lingkungannya masing - masing.

1 komentar: