Jumat, 14 Desember 2012

Duh, Jadi Ibu di Usia Terlalu Muda Risikonya Kena Kanker Payudara

Jakarta, Menikah dan punya anak, khususnya pada perempuan sebaiknya tidak dilakukan pada usia terlalu muda. Tunda dulu hingga benar-benar dewasa, maka risiko kanker ganas pada payudara akan lebih kecil dibandingkan kalau buru-buru punya anak.

Penelitian yang dilakukan di Fred Hutchinson Cancer Research Center tersebut menganjurkan perempuan yang ingin punya anak sebaiknya menunggu 15 tahun sejak menstruasi pertamanya. Dengan demikian, risiko kanker payudara tripel negatif akan berkurang 60 persen.

Kanker payudara tripel negatif merupakan salah satu bentuk kanker payudara yang agresif dan cukup langka. Dari seluruh kasus kanker payudara, diperkirakan hanya 10 hingga 20 persen saja yang termasuk dalam bentuk atau tipe yang tidak terpengaruh oleh hormon ini.

Karena perkembangannya tidak dipengaruhi hormon seperti halnya kanker payudara yang lain, kanker payudara tripel negatif juga lebih sulit diobati. Obat-obatan penghambat hormon seperti Tamoxifen selama ini terbukti tidak efektif untuk mengatasinya.

"Kami menemukan bahwa jarak antara menstruasi pertama dengan kelahiran hidup pertama berbanding terbalik dengan risiko kanker payudara tripel negatif," kChristopher I Li yang melakukan penlelitian ini seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (14/12/2012).

Artinya, makin jauh jarak antara menstruasi pertama dengan kelahiran hidup anak pertama maka risiko kanker mematikan tersebut akan lebih rendah. Apabila diberi jarak 15 tahun saja, dikatakan bahwa risikonya sudah akan berkurang sebanyak 60 persen.

Selain dengan menunda usia untuk punya anak, risiko kanker payudara tripel negatif juga bisa dikurangi dengan menyusui. Jadi bagi yang sudah punya anak, jangan malas menyusui karena hal itu juga akan memberikan efek protektif terhadap risiko kanker payudara tripel negatif.


http://health.detik.com/read/2012/12/14/082555/2118293/764/duh-jadi-ibu-di-usia-terlalu-muda-risikonya-kena-kanker-payudara?l992202755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar